7 Resensi Novel Remaja Terbaik

1. Rahasia Bintang

  • Ditulis oleh : Dyan Nuranindya
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 310 halaman
  • Terbit: Maret 2006. Cetakan baru Maret 2012

Sinopsis

Sejak ditinggal sahabatnya waktu kecil, Keysha nggak percaya lagi yang namanya sahabat. Baginya lebih baik mencari banyak teman daripada satu orang sahabat. Tapi semua berubah ketika dia mengenal Aji – cowok berandal, brengsek, tukang bikin onar, dan terkenal playboy di sekolah. Sejak mengenal Aji, setiap hari Keysha selalu jantungan menghadapi semua perilakunya yang gampang emosian. Apalagi ditambah musuh-musuh Aji yang jumlahnya bejibun. Keysha jadi merasa tidak aman dan terancam. Tapi bagaimana jadinya kalau ternyata cowok brengsek macam Aji justru menaruh kepercayaan besar pada Keysha sehingga ia berani menceritakan rahasianya yang paling dalam? Dan apa jadinya kalau orang seperti Aji akhirnya jatuh cinta pada Keysha?

Nilai

Nilai 95 deh buat novel karya kak Dyan Nuranindya. Aku kasih empat jempol juga deh! keren keren! Konflik dalam ceritanya lumayan. Yang paling aku suka pas endingnya. So Sweet! Dijamin deh gak bakal nyesel baca novel Rahasia Bintang.

2. 3600 Detik

  • Ditulis oleh Charon
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 208 halaman
  • Terbit: Mei 2008

Sinopsis

Sandra sangat terpukul ketika orangtuanya bercerai…. Dan hatinya semakin sakit ketika ayahnya memutuskan ia harus tinggal bersama ibunya, yang selama ini tak pernah dekat dengannya. Kemarahan yang menggelora menjadikan Sandra remaja yang bandel. Berulang kali ia dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya di luar batas.

Akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah kota. Mungkin suasana dan lingkungan baru akan mengubah perilaku putrinya. Namun di sekolahnya yang baru ini Sandra sudah bertekad untuk membuat dirinya dikeluarkan lagi. Ia bertekad akan membuat ulah agar para guru tak tahan terhadapnya. Namun ia salah perkiraan. Pak Donny, sangat sabar menghadapinya. Wali kelasnya itu berpendapat, mengeluarkan Sandra berarti menuruti keinginan anak bandel ini.

Namun, lambat laun Sandra berubah. Orangtua maupun gurunya heran. Mereka yakin, Leon-lah yang membuat gadis itu berubah. Mereka juga bertanya-tanya, kenapa Leon bisa bersahabat dengan Sandra, sementara murid-murid yang lain justru menjauhi gadis urakan itu. Apa yang membuat Leon tertarik padanya, padahal keduanya bagaikan langit dan bumi. Leon adalah anak rumahan yang manis, bintang pelajar, sopan, tekun… berbeda seratus delapan puluh derajat dengan Sandra….

Nilai

mmm 96 score buat novel ini. Jalan ceritanya seru, gak bakal ngebosenin deh. Aku suka sama cerita yang sad ending. dan ending di novel ini nyentuh banget sampai bisa bikin aku nangis. Top banget deh buat Kak Charon!

3. Summer in Seoul

  • Ditulis oleh : Ilana Tan
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 280 halaman
  • Terbit: November 2006

Sinopsis

Jung Tae-Woo―penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

“Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku,” kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy alias Han Soon-Hee―gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, “Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat.”

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai “kekasih” Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.

Nilai

Nilai nyaris sempurna yaitu 99 aku kasih secara cuma-cuma buat novel terbaik sepanjang masa yang pernah aku baca. Sebenernya novel ini masuk dalam tetralogi 4 musim. Novel Summer in Seoul jadi novel pertama. Selanjutnya ada novel Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan Spring in London. Semuanya bagus-bagus. Tapi menurut aku Summer in Seoul jadi yang terbaik diantara yang terbaik! Perjalanan cinta yang romantis antara seorang aktor tampan Korea dengan gadis biasa. Bikin geregetan deh bacanya. Sampai sekarang pun empat novel ini tetap jadi bestseller di Gramedia. Salut banget buat kak Ilana Tan!

4. Jingga dan Senja

  • Ditulis oleh : Esti Kinasih
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 312 halaman
  • Terbit: Februari 2010

Sinopsis

Tari dan Ari, dua remaja yang dipertemukan oleh takdir. Selain bernama mirip, mereka juga sama-sama lahir sewaktu matahari terbenam.

Namun, takdir mempertemukan mereka dalam suasana “perang”. Ari yang biang kerok sekolah baru kali ini bertemu cewek, adik kelas pula, yang berani melawannya. Kemarahan Ari timbul ketika tahu Tari diincar oleh Angga, pentolan SMA musuh.
Angga, musuh bebuyutan sekolah Ari sekaligus musuh pribadi Ari, langsung berusaha mendekati Tari begitu cewek itu tak sengaja terjebak dalam tawuran dan Ari berusaha keras menyelamatkannya. Demi dendam pada masa lalu, Angga bertekad harus bisa merebut cewek itu. Memanfaatkan peluang yang ada, Angga kemudian maju sebagai pelindung Tari.

Ari yang selama ini dikenal tidak peduli terhadap cewek tiba-tiba saja berusaha mendapatkan Tari dengan segala cara. Namun, predikat buruk Ari jelas membuat Tari tidak ingin berurusan dengan cowok itu.

Semakin Ari berusaha mendekatinya, semakin mati-matian Tari menjauhkan diri….

Nilai

Kasih berapa ya..? 96 deh. Tepuk tangan! prok prok prok. Tiga kata buat novel kak Esti Kinasih, keren, keren, keren! Matahari dan Matahari. Aduh kalian bakal nyesel banget deh kalo nggak baca novel ini. Kisah cintanya dikupas secara unik dan manis. Bikin kita senyum-senyum pas lagi baca. Novel Jingga dan Senja ada kelanjutannya yaitu Jingga dalam elegi dan yang segera terbit Jingga untuk Matahari. Kedua novel yang udah aku baca, semuanya seru. Novel ketiganya yang akan terbit udah ditunggu-tunggu banyak orang loh.

5. Separuh Bintang

  • Ditulis oleh : Evline Kartika
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 320 halaman
  • Terbit: Mei 2009

Sinopsis

Cinta itu nggak butuh alasan. Jika cinta membutuhkan alasan, ketika alasan itu hilang, cinta juga akan hilang bersamanya…. Lalu ketika seseorang yang kita cintai itu menghilang, apakah kita juga harus hilang bersamanya?

Dunia seakan terbalik bagi Chiara. Dalam sekejap hidupnya yang penuh kebahagiaan berubah. Setelah tahu statusnya sebagai anak haram—-yang menyebabkan ayahnya marah dan kabur dari rumah, ditambah meninggalnya ibu dan kakaknya—-Chiara mengunci rapat-rapat sebagian dirinya.

Di tengah kesedihan dan keterpurukannya itu, Aldy, sahabat sejatinya sejak kanak-kanak, selalu setia menemaninya. Tapi, bisakah kesabaran dan ketulusan Aldy membuat Chiara bangkit lagi? Atau mungkin, perlu muncul kisah dan tokoh baru untuk memulai episode hidup Chiara yang selanjutnya?Who knows?

Nilai

88 nilai untuk novel ini. Cukup bagus kok novelnya. Lumayan buat ngisi waktu luang kalian yang membosankan. Dibanding baca buku biologi mending baca novel ini. Baiklah mulai ngelantur. Ceritanya romantis dan pelanjaran hidup ditulis jadi satu dalam novel ini.

6. Dia Tanpa Aku

  • Ditulis oleh : Esti Kinasih
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 280 halaman
  • Terbit: Januari 2008

Sinopsis

Ronald, cowok kelas 2 SMA, sudah lama naksir Citra yang masih kelas 3 SMP. Tapi Ronald belum mau PDKT. Ia menunggu sampai Citra masuk SMA, karena itu ia hanya bisa mengamati Citra dari jauh.

Saat yang ditunggu Ronald selama berbulan-bulan akhirnya tiba. Citra masuk SMA! Namun Ronald kecewa karena ternyata Citra masuk SMA yang sama dengan adiknya, Reinald, dan sekelas pula. Namun, keinginan dan harapan terbesar Ronald untuk mendekati Citra tak pernah terwujud. Cowok itu kecelakaan dan tewas di tempat, tidak jauh dari rumah Citra.

Reinald menganggap Citra-lah penyebab kematian kakaknya. Rasa marah dan keinginannya untuk menyalahkan Citra membuat sikapnya terhadap cewek itu menjadi penuh permusuhan. Keduanya kemudian kerap bertengkar tanpa Citra tahu pasti alasan sebenarnya.

Sikap Reinald berubah drastis ketika Citra memutuskan untuk tidak lagi mengacuhkannya. Kini Reinald berada di posisi yang sama seperti Ronald dulu. Perubahan sikap Reinald itu tanpa sadar mendekatkan keduanya. Dan akhirnya Reinald tak lagi ingin menjaga Citra demi almarhum kakaknya.

“Gue suka cewek lo,” ucap Reinald suatu hari di depan foto Ronald. Dan itu membuat sang kakak kemudian “kembali”!

Nilai

Aku kasih 90! yeay! Selamat buat kak Esti Kinasih yang udah dua kali novelnya aku resensiin. xoxo. Abis novel karya Kak Esti semuanya keren. Kembali lagi aku suka sama endingnya, soalnya sad ending. Satu kotak tissu abis sambil baca novel ini.

7. Brondong Lover

  • Ditulis oleh : Stephanie Zen
  • Ukuran: 13.5 x 20 cm
  • Tebal: 232 halaman
  • Terbit: November 200

Sinopsis

Nasha sebel banget sama juniornya yang nyolot, Dave. Sejak hari pertama MOS, Dave kerjanya terus membantah apa pun kata Nasha dan ogah untuk bekerja sama dalam kegiatan kelasnya. Tapi, pas Nasha berantem sama mantannya yang supernyebelin, Kevin, si nyolot Dave ternyata membelanya! Begitu pula pas Nasha terjatuh hingga terkilir di kemping penutupan MOS, Dave ngebela-belain menggendong Nasha sampai tenda. U-ui… apakah ada cinta yang mulai bersemi di hati Nasha? Bagaimana dengan hubungannya yang belum beres sama Kevin? Dan bagaimana juga dengan perhatian berlebih dari Kak Elang yang sudah kuliah?

Nilai

89 Brondong Lover! Lucu banget novelnya tapi romantisnya tetep ada. Manis dan unik ceritanya. Hebat salut buat pengarangnya!

4 thoughts on “7 Resensi Novel Remaja Terbaik

  1. nayacorath mengatakan:

    Yang pengen baca2 novel gratis lagi, mampir ke sini yukk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

  2. nia mengatakan:

    waw romNtizz buaget..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s